Mar 24, 2015

Ciri-Ciri Murid Sedang Mencontek Saat Ujian

Dari pengalaman pribadi saya menjadi seorang pengawas saat ujian sekolah, saya jadi paham dan hafal dengan gerak-gerik murid yang sedang mencontek. Mereka belum berpikir kalau ujian hidup yang akan mereka lalui di depan akan lebih keras dari ujian sekolah yang mereka hadapi. Gimana bisa mengarungi ujian hidup yang begitu keras kalau pas ujian sekolah saja udah nyontek.

Nah, dari pengalaman pribadi saya itulah akan saya bagi disini. Ciri-ciri murid yang sedang mencontek saat ujian sekolah. Gak perlu mengkerutkan dahi kalian, baca dengan penuh senyuman yak...

Diawasi Malah Balik Mengawasi

Pada umumnya seorang pengawas ujian sekolah memang bertugas mengawasi murid yang sedang melaksanakan ujian sekolah. Tetapi ada murid yang diawasi malah balik mengawasi pengawasnya. Saat mata saya sibuk mengawasi ujian sekolah, dari ujung ruang kelas sampai depan kelas. Ada aja murid yang juga sibuk mengawasi mata saya. Bukan karena murid ini terpana dengan wajah saya yang putih merona, atau karena saya memiliki ketampanan luar binasanya yang diwariskan dari Bapak saya. Bukan...

Murid ini memang sengaja sedang mengawasi saya. Sekali pandangan mata saya berubah haluan dia akan langsung beraksi. Yang jadi pertanyaan, sebetulnya yang sedang ujian itu saya atau dia. Masa pengawas malah diawasi juga. Padahal saat mengawasi, saya juga cuma duduk-duduk saja. Saya malah membayangkan kalau saya jalan muterin kelas, apakah dia juga akan ikut muterin seisi kelas untuk mengawasi saya?

Terlihat Gelisah dan Tidak Tenang


Ciri-Ciri Murid Sedang Mencontek Saat Ujian

Apabila murid bisa mengerjalakan soal ujian dia akan terlihat tenang dan percaya diri. Tetapi ada murid yang terlihat sibuk sendiri, gelisah, dan terlihat tidak tenang adalah ciri-ciri murid sedang mencontek berikutnya. Dia sering tengok kanan-kiri, lihat depan-belakang. Kalau diibaratkan pemain sepak bola, murid ini mempunyai mobilitas gerakan tinggi di atas rata-rata murid lain. Terkadang gerakan kepalanya juga bisa menyerupai gerakan memutar yang dilakukan burung hantu. Terlihat ngeri juga si, kalau ada murid yang bisa sampai memutar kepalanya untuk mencontek. Tapi ya itulah perjuangan yang dia lakukan demi mendapatkan sesuap jawaban dari temannya.

Pernah saat saya beranjak dari tempat duduk saya,  dengan gerakan yang mendadak. Ada murid yang kaget dan salah tingkah. Padahal sebelumnya, dia terlihat menengok jawaban temannya yang duduk tepat di samping kanannya. Gak habis akal, dia malah melakukan gerakan kamuflase. Seolah-olah dia meregangkan kepala karena pegel. Iya pegel, pegel karena keseringan nengok temen-temennya.
Yang paling ekstrim kalau leher mereka akan bertambah panjang saat selesai ujian, siapa yang mau bertanggung jawab?

Sering Memberikan Tanda Kepada Teman

Saat ujian berlangsung, banyak murid yang mempunyai kemampuan dadakan. Mereka mendadak mempunyai gerakan bahasa tubuh yang hanya mereka saja yang tahu untuk mengartikan gerakan tersebut. Mendadak chemistry mereka terbangun dengan kuat, tanpa ada persiapan sebelum masuk ruang ujian sekolah, tanpa ada skenario yang disiapkan, tanpa ada yang nge-briefing. Mereka mendadak memahami satu sama lain.

Misalnya ada yang minta jawaban soal nomor 11. Gak perlu susah-susah mesti sembunyi-sembunyi ngasih jawaban. Cukup masukin jari telunjuk kedalam lubang hidung. Itu artinya jawabannya C. (Mungkin, saya juga gak paham)
Itu contoh kasus dengan soal pilihan ganda. Beda lagi dengan soal jawaban isian. Dengan kemampuan dadakan tadi, mereka seolah-olah tahu semua apa yang dimaksud teman mereka. Padahal ngomong aja gak kedengaran, mulut cuma komat-kamit kayak lagi baca mantra. Dan hebatnya mereka bisa tahu apa yang diucapkan teman-teman mereka. Kemampuan ini memang terlihat diluar nalar dan akal sehat seorang pengawas.

Menutupi Wajah Dengan Kertas Atau Punggung Teman

Ada sebagian murid yang berpikir kalau  menutupi wajah mereka dengan kertas atau bersembunyi di balik punggung temannya adalah cara yang efektif agar tidak terlihat oleh pengawas ujian. Tetapi menurut saya cara ini malah membuat saya jadi tambah curiga. Memang ada beberapa kemungkinan, kenapa dia menutupi wajahnya dengan kertas atau bersembunyi di balik punggung temannya. Dia memang pemalu atau dia sedang mencontek.

Tetapi ada moto yang diterapkan saat ujian sekolah berlangsung. “Malu bertanya sesat di rapor”. Jadi untuk alasan pemalu itu sangat kecil kemungkinannya, dan bisa saya pastikan kalau dia sedang mencontek.

Sepertinya cukup sekian saya mengulas tentang ciri-ciri murid yang sedang mencontek saat ujian. Pengamatan yang saya dapatkan saat saya menjadi pengawas ujian sekolah memang membuat saya capek. Capek karena harus sering menegur mereka yang mencontek. Tapi ada sisi lucunya juga bila dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Artikel Terkait