19 Mar 2015

Pentingnya Membina Hubungan Baik di Dalam Organisasi Sekolah

Seorang guru diharapkan mempunyai kemampuan mengelola hubungan kerja sama yang baik dan efektif di sekolah. Karena proses kegiatan belajar dan mengajar tidak akan berjalan dengan lancar apabila seorang guru berjalan sendiri tanpa dibarengi kerja sama yang baik di sekolah. Sekolah pasti memiliki visi dan misi untuk mencetak siswa dan siswi yang berprestasi. Bagaimana mau mencetak siswa dan siswi yang berprestasi bila kondisi di sekolah sering tidak harmonis.

Dari permasalahan itulah seorang guru harus mempunyai pola hubungan baik di sekolah dan mampu membina kerja sama yang baik. Apa sajakah itu? Ini dia penjelasannya :

Bekerja Sama Dengan Sesama Guru

Untuk bekerja sama dengan sesama guru yang dibutuhkan pastinya adalah kepercayaan. Suasana saling percaya sangat penting dan sangat dibutuhkan di sekolah. Bisa dibayangkan bila rasa percaya saja sudah tidak ada, pasti yang akan terjadi seringnya pergantian guru di sekolah tersebut dan terjadi banyak konflik yang tidak pernah terselesaikan. Dampaknya akan dirasakan sekolah itu sendiri. Kemajuan dan mutu pendidikan yang diharapkan malah akan terganggu.

Untuk mendapatkan rasa percaya diantara sesama guru bisa dengan cara : saling memahami perasaan orang lain, selalu merahasiakan informasi yang pribadi, jauhkan diri dari gosip, mengakui semua prestasi yang mereka dapat, menghargai pendapat mereka, selalu berintegritas tinggi, peduli dan peka terhadap mereka, bersedia meminta maaf untuk semua kesalahan yang pernah dibuat dan berusaha mendapatkan kepercayaannya kembali.

Bekerja Sama Dengan Kepala Sekolah

Kerja sama dengan atasan juga sangat penting. Bagaimana bunga mau mekar bila tidak pernah dipupuk dan dirawat dengan baik. Maksudnya adalah jangan biarkan seorang atasan bekerja sendiri, kerja sama yang kita tawarkan akan sangat bermanfaat untuk kemajuan potensi yang dimiliki atasan kita.
Visi dan  misi sekolah akan terlihat dengan jelas apabila seorang guru mampu memberi dorongan kepada kepala sekolahnya.

Bekerja Sama Dengan Pegawai Administrasi

Seorang guru pasti akan membutuhkan data informasi siswa atau orang tua , buku induk, database guru dan administrasi sekolah. Bidang inilah yang dikuasai seorang pegawai administrasi. Dilihat dari perkembangan pendidikan di Indonesia, semua data-data tersebut sekarang serba online. Pegawai administrasi sekolahlah yang mempunyai peran penting untuk melancarkan segala yang dibutuhkan sekolah dan guru-gurunya. Maka dari itu bekerja sama dengan baik sangat dibutuhkan seorang guru terhadap pegawai adminstrasi sekolah.

Bekerja Sama Dengan Orang Tua Murid

Peran orang tua untuk kelancaran kegiatan belajar mengajar sangatlah penting. Anak-anak bisa menjadi lebih baik dari waktu ke waktu apabila keterlibatan orang tua mereka di dalam pendidikan di sekolah. Orang tua yang memberikan perhatian, mendengarkan keluh kesah anak mereka, dan sering memotivasi anak-anak mereka. Semua hal tersebut akan menciptakan kebiasaan intim untuk anak.

Kejelasan pesan dari seorang guru untuk disampaikannya peran orang tua murid utuk anak-anak mereka, selalu terbuka dengan masukan-masukan dari orang tua untuk seorang guru dan sebaliknya. Akan menimbulkan kerja sama yang sangat baik demi kelancaran proses belajar dan mengajar di sekolah.


Itulah beberapa kerjasama yang dibutuhkan seorang guru di sekolah. Apabila kerja sama sudah tumbuh dengan baik apakah kompetisi dan persaingan antar guru tidak dibutuhkan lagi di dalam sekolah itu?

Saya berpendapat bila kompetisi dan persaingan antar guru tetap dibutuhkan, tetapi dalam konteks yang positif. Secara sadar atau tidak, cara mengajar seorang guru akan mendapat respons dari berbagai pihak. Entah itu dari murid sendiri, dari teman guru, dari kepala sekolah, atau dari orang tua murid dan masyarakat setempat.

Inilah kompetisi dan persaingan yang akan dijalani seorang guru. Persaingan untuk saling menciptakan siswa-siswi yang berprestasi sesuai visi dan misi sekolah.

Seperti yang dialami istri saya, dia  cerita kepada saya bila baru saja ada orang tua murid yang datang menemui dia. Orang tua murid itu bertanya perkembangan anaknya disekolah. Hal itu memang baik, itu artinya hubungan seorang guru terhadap orang tua murid terjalin dengan sangat baik.

Yang menjadi masalah adalah orang tua murid ini memberi jam tangan kepada istri saya. Istri saya jadi bingung dan merasa gak enak dengan pemberian orang tua murid itu. Tetapi saya mempunyai pandangan yang berbeda tentang soal ini. Walaupun istri saya tidak pernah mengharapkan apa-apa dari orang tua murid itu sendiri. Saya pikir itu adalah salah satu reward yang diberikan orang tua murid kepada guru yang mengajar anak mereka.

Bisa dibayangkan bila semua guru mempunyai semangat kompetisi diantara mereka untuk menciptakan siswa-siwi yang berprestasi dan mempunyai kemampuan menjalin hubungan baik di sekolah. Apa yang akan terjadi di sekolah tersebut?

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI