12 Mar 2015

Tipe-Tipe Guru Di Lihat Dari Respons Perubahan

Guru adalah sosok utama dan mempunyai peran yang sangat sentral dari sebuah perubahan. Untuk mengantsipasi perkembangan dunia yang sangat cepat berubah, ada baiknya guru tanggap dengan perubahan ini. Bila dilihat dari respons guru terhadap perubahan perkembangan yang terjadi, maka ada beberapa tipe guru. Yaitu :

Guru Proaktif

Tipe guru ini adalah tipe guru yang cepat mengantisipasi terjadinya perubahan-perubahan, dan memiliki keinginan yang sangat kuat untuk memanfaatkan peluang yang ada. Sehingga bisa memperoleh keuntungan.
Disaat sebagian pihak tidak tahu bagaimana cara memanfaatkan internet dan sosial media. Guru yang proaktif menggunakan internet dan sosial media untuk meningkatkan komunikasi guru dan murid. Sosial media digunakan untuk informasi tugas, kesulitan-kesulitan yang dialami murid, dan mendiskusikan pelajaran. Tapi tentu saja harus ada rambu-rambunya juga untuk menjaga murid agar tidak terjerumus dengan konten yang tidak bermanfaat.

Guru Reaktif

Tipe guru ini adalah tipe guru yang cepat melakukan tanggapan dengan perubahan yang ada. Seperti belum lama yang terjadi saat ini, ketika kurikulum 2013 kembali berubah menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Sebagian guru menyikapi kalau perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai perubahan model administrasi pembelajaran saja. Padahal inti dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah keleluasaan guru untuk mengajar dengan pendekatan atau model pengajaran yang bervariasi, aktif, kreatif, dan pendekatan pembelajaran student centered.

Guru Pasif

Tipe guru ini adalah tipe guru yang menjalankan pembelajaran dengan apa adanya, tanpa harus repot memikirkan perubahan-perubahan perkembangan lingkungan disekitarnya. 

Tidak pernah memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, membiarkan kebiasaan-kebiasaan buruk di sekolah, kurang tanggap dengan disiplin, pelaksanaan pembelajaran yang statis dengan hanya metode tanya jawab, menghafal, tugas-tugas juga tidak pernah diperiksa.

Dari uraian diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa sangat penting sekali untuk guru mampu mengantisipasi dan tanggap perubahan perkembangan dunia luar.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI