5 Mar 2016

Prosedur dan Cara Lempar Turbo

Prosedur dan Cara Lempar Turbo. Lempar turbo adalah olahraga atletik lempar lembing bagi anak SD. Lempar turbo adalah dasar dari lempar lembing. Lempar turbo dilakukan dengan cara melakukan lari awalan singkat, peserta/siswa melempar turbo ke daerah lemparan. Turbo yang dilempar di usahakan membentuk lengkukan parabol. Lemparan yang baik ketika jarak lemparannya jauh dan ujung turbo jatuh menghujam ke tanah. Masing-masing peserta/siswa mendapat 2 kali giliran kesempatan lempar.

Setiap lemparan diukur dengan sudut siku-siku dan dicatat dalam interval 25cm (mengambil angka yang lebih tinggi dimana tempat pendaratan turbo di antara garis-garis). Lemparan yang lebih baik dari dua kali kesempatan percobaan dari tiap anggota tim akan menyumbangkan skor tim.


Event/kegiatan ini memerlukan 2 orang juri dan bertugas sebagai berikut:

  1. Mengontrol dan mengatur prosedur.
  2. Untuk menilai jarak lemparan dimana lembing mendarat.
  3. Untuk membawa lembing ke garis salah.
  4. Untuk menilai dan mencatat score pada kartu event/kegiatan.

Untuk event/kegiatan ini diperlukan alat sebagai berikut:

  1. 2 Buah turbo.
  2. Roll meter.
  3. 1 Lembar kartu event/kegiatan per tim.

Catatan: Faktor keamanan harus diperhatikan dalam event/kegiatan ini maka hanya juri yang diijinkan ada di daerah pendaratan lempar turbo.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI