4 Mar 2016

Sebab Terjadinya Cedera Pada Siku dan Cara Penanganannya

Sebab Terjadinya Cedera Pada Siku dan Cara Penanganannya. Cedera yang menyebebkan rasa nyeri pada siku yang menjalar ke lengan bawah. Biasanya terjadi karena gangguan neuromuskuluskeletal. Ini adalah komponen lunak yang terdiri dari ligamentum, tendo, kapsul sendi, jaringan ikat sendi, serabut saraf perifer dan pembuluh darah. 

Macam-macam cedera yang sering terjadi pada siku : 

Lateral Epikondilitis (Tennis Elbow) 

Suatu keadaan yang sering terjadi dengan gejala nyeri dan sakit pada posisi luar siku, tepatnya pada Epikondilus lateralis humeri. Biasanya terjadi karena pukulan top spin back hand yang terus menerus, jadi bersifat over use. 

Etiologi dari Tennis Elbow ini belumlah jelas. Banyak para ahli menganggap bahwa gerakan yang terus menerus serta intensif dalam bentuk pronasi dan supinasi dengan tangan yang memegang tangkai raket, menimbulkan over strain pada otot-otot eterior lengan bawah yang berorigo pada epikondilus lateralis humeri. 

Tarikan pada otot-otot tersebut akan menimbulkan mikro trauma, sehingga akhirnya menimbulkan Tennis Elbow. Ada juga yang menganggap disebabkan oleh peradangan (inflamasi) periosteum yang menutupi epikondilus lateralis humeri. Inflamasi tersebut terjadi karena terikan yang terus-menerus dari otot-otot eksterior lengan bawah yang berorigo pada epikondilus lateralis humeri. 

Tennis Elbow tidak semata-mata hanya timbul pad pemain tennis saja, tetapi dapat juga timbul pada cabang angkat besi, bahkan ibu rumah tangga atau penjual minuman botol yang banyak membuka tutup botol. 

Faktor-faktor yang mempermudah terjadinya Tennis Elbow : besar kecilnya tangkai raket, ketegangan dari senar raket yang tak sesuai, kualitas bola yang tidak sesuai, berat dan ringannya raket tersebut. 

Penyakit ini terjadi secara perlahan-lahan dan menjadi progresif. Pengobatannya dapat dilakukan dengan heat treatment ataupun fisioterapi lainnya, misalnya pemijatan, tapi pada mulanya berilah kompres dingin/es. 

Medial Epikondilitis (Golfer’s Elbow) 

Sejenis dengan Tennis Elbow, disebut juga Medial Epikondilitis atau fore hand tennis elbow. Yang terkena disini adalah epikondilus medial humeri. Mengenai patofisiologinya sama dengan Tennis Elbow, hanya saja yang mengalami mikro trauma adalah origo dari otot-otot yang melakukan fleksi lengan bawah, jadi yang berorigo pada epikondilus medialis humeri. Golfer’s Elbow biasanya diserita oleh pemain golf, tetapi pemain jenis olahraga lainnya juga dapat mengalaminya, yaitu nyeri di siku bagian dalam.


Terapi cedera siku :

Terapi yang dilakukan pada cedera siku ini ialah melakukan masase (pijatan) dengan manipulatif berupa: friction (menekan), effleurage (menggosok) menggunakan ibu jari dan traksi (penarikan) pada bagian sendi bahu. Untuk friction dilakukan seandainya cedera itu mengalami pembengkakan. 

Standar gerakan siku :

  1. Bisa melakukan gerakan fleksi dan ektensi dari aksis sendi siku tanpa rasa nyeri dan kaku. 
  2. Bisa melakukan rotasi dari aksis sendi siku (endorotasi dan eksorotasi)tanpa rasa nyeri dan kaku.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI